Langsung ke konten utama

Nafsu Makan Menurun Saat Menstruasi ? Lakukan Hal Ini!

MENSTRUASI, siklus normal yang dialami oleh perempuan-perempuan usia subur selain hamil dan menyusui. Saat menstruasi, tubuh mengalami perubahan dan ketidakstabilan hormon-hormon yang berdampak pada mood dan emosi, dari mulai masa pra-menstruasi sampai hari mentruasi yang normally dialami sekitar 5-7 hari.

Selain bagi yang hamil dan menyusui, anjuran asupan dan nutrisi yang lebih banyak juga disarankan untuk perempuan yang menstruasi. Namun tidak dapat dipungkiri, hal-hal warning pada kebanyakan perempuan menstruasi adalah kehilangan nafsu makan yang menjadi-jadi. Karena saya pun mengalami, sebenarnya ada poin-poin yang bisa di-notes plus bisa jadi self-reminder juga supaya tetap fit saat nafsu makan sedang tidak bersahabat sepanjang hari menstruasi.



1. Perbanyaklah Minum Air Putih 
Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah kurang lebih 8 gelas perhari. Nah, bagi perempuan mentruasi justru bahkan disarankan sampai 10 gelas per hari. Jika memang lagi malas makan, usahakan jangan malas minum. Karena sebenarnya, umumnya darah yang hilang akibat menstruasi bisa mencapai 10-80 mL per hari. Bisa kebayang lemesnya juga kalau sampai kurang minum. Apalagi dalam pedoman gizi seimbang ada reminder-nya loh.

2. Stoklah Cemilan/Makanan Ringan 
Kalau masalahnya adalah nafsu makan menurun terhadap makanan berat seperti nasi-lauk dan sejenisnya, konsumsi cemilan bisa jadi alternatif. Tapi, cemilan yang dianjurkan sebisa mungkin bukan sekedar cemilan yang disukai, tapi harus juga sehat dan bersih. Boleh coba kue-kue kecil, roti, wafer, biskuit, sereal dan makanan ringan lainnya. In fact, makan makanan yang manis kalorinya juga cukup tinggi jadi bisa bikin cepat kenyang. 

3. Konsumsilah Jus Buah Segar 
Jus buah adalah favorit saya saat sedang mentruasi, apalagi di hari-hari pertama-kedua puncak-puncak siklus menstruasi. Jus buahnya boleh yang alami atau yang dalam bentuk kemasan, se-dimudahkan jangkauan untuk membeli atau membuatnya. Disarankan minum jus buahnya dalam keadaan dingin supaya lebih berasa sensasi fresh-nya. 

4. Usahakanlah Makan Malam dan Janganlah Begadang 
Jika nafsu makan menurun, harus tetap disarankan untuk makan makanan berat minimal 1x sehari meskipun dalam porsi kecil. Buat yang lagi diet atau punya masalah dengan berat badan lebih, bisa makan di jam-jam jauh sebelum jam tidur. Nah, setelah makan juga tidak disarankan begadang yah, supaya mengurangi risiko anemia/kurang darah dan mata panda saat bangun dari tidur untuk beraktivitas keesokan harinya.

Semoga bermanfaat! Jangan sampai kena teguran kalau sampai sakit karena sama sekali tidak mau makan yah. Have a good-mood in ur red-days :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profesi VS Reguler (hastagKKN)

DAN sumber kegalauan terbesar saat ini, adalah KKN. masih bingung untuk memantapkan hati memilih regular atau profesi ?? insya Allah hasil jajak pendapat dan survey kecil-kecilan ini bisa mengobati perasaan dilematis teman-teman. semoga bermanfaat :))))))))

kakak, minta pendapat ta boleh ?? haha. bagaimana menurut ta ttg KKN reguler dan profesi ?? dan dulu memilih yg mana ?? minta tolong komentar ta', terima kasih banyak
kak uphy – mahasiswi ekonomi unhas: kalau saya regular. seruuuu karena banyak fakultas. kalau profesi kan cuman untuk kesehatan hehe
kak dachan – sarjana kesehatan masyarakat: kalau profesi enak karena banyak teman dari FKM, ada juga yang diajak kerjasama. kalau regular kerja laporannya setengah mati. persamaannya sama-sama punya banyak teman :)
kak udha – mahasiswa teknik arsitek unhas: bagus dua-duanya tapi saya lebih pilih regular. karena punya kenalan baru dengan karakter berbeda-beda apalagi banyak ilmu didapat karena banyak dari jurusan lain. dibandingkan profes…

(mungkin) saya orang arab :D

hahahihihuhuhehehoho~
yang tadi bukan sekali orang-orang mengira-ku keturunan Arab ahahahaha. bu dosen tadi mengira-nya (mungkin) dari nama lengkap ku yang agak ke-arab-an. dan dilihat dari raut wajah pun yang manis dan rupawan, mungkin sih, NGEKS. hidung saya cukup mancung, alis saya cukup tebal, bulu mata saya cukup lentik, mata saya bulat, dan cukup hijab style. ehehehe duarrrrrr :D

memang, dari kecil saya punya sahabat yang keturunan arab. kami selalu bersama-sama, bahkan pernah ada yang kira kami keluarga. sekarang, saya pun punya sahabat yang juga sering bersama, dia pun orang arab, dan saya pernah disangka sepupu oleh keluarganya cpcpcpcp ehehehe. ada lagi, bapak tukang bentorrrr. yang memulai percakapan singkatnya dengan pertanyaan khas logat Makassar, "orang Arab ki dek ?? || yeeee ?? tidak ji juga pak ehehehe || tapi muka' ta kayak orang arab, tapi kita kecil ki' coba besar-besarki' ?? ahahahaha ||*nah loh -_-
sebenarnya, saya lahir di Makassar. tapi orang tua …

Single = Happy ?!

“Mereka bilang sudah saatnya karena usia. Untuk mencari sang kekasih hati. Tapi kuyakin akan datang pasangan jiwaku. Pada waktu dan cara yang indah” – Opie Andaresta
Maaf tulisan ini mungkin agak sedikit kebawa perasaan tapi semoga bisa mewakilkan sebagian besar isi hati dan unek-unek tak tersampaikan khususnya bagi perempuan-perempuan.

Saya kelahiran 92, usia sudah seperempat abad. Jujur sampai saat ini saya masih sangat santai jika ditanya soal pasangan, di antara banyak teman-teman seumuran yang sudah menikah bahkan sudah punya anak. Merasa masih sangat muda dan nyaman membuat saya juga merasa baik-baik saja. Karena sikap baik-baik-saja saya ini tidak jarang mengundang kecemasan dan tanda tanya dari keluarga, sahabat sampai rekan kerja. Dan sebenarnya kondisi ini sudah warning juga bagi perempuan-perempuan yang ‘berkepala dua’.
Sentilan pertanyaan dan pernyataan yang menggalaukan juga menyayat hati tidak jarang jadi makanan sehari-hari. Misalnya, saya cukup on sosmed dan cukup sering …